Minggu, 28 Juli 2013

BERBUKA PUASA DENGAN LABU PARANG DAN TIMUN REBUS (obat maag)



Siapa yang tak kenal labu parang...?  biasanya dibikin kolak untuk ta'jil di bulan puasa, tapi ternyata labu parang ini bisa jadi obat penyakit "maag"

Beberapa tahun yang lalu, aku terkena penyakit maag yang kronis, ulu hati sangat keras dan terasa sakit, segala obat sudah aku minum tapi tak kunjung sembuh, suatu hari di bulan ramadhan dengerin tauziah di rumah saudara, aku sudah agak lupa nama bapak ustadnya...di akhir tauziahnya beliau mengatkan bahwa banyak obat yang tersedia di alam ini diantaranya adalah labu parang/labu kuning, labu parang ini bisa untuk obat maag jika dikonsumsi dengan benar, dan akan terasa maafaatnya jika dimakan pada saat perut kosong untuk sarapan pagi atau pas buka puasa, karena labu parang ini dapat menyerap asam lambung yang meningkat pada orang2 yang terkena maag, cara memasak labu parang ini cukup dikukus atau direbus saja tidak boleh dicampur dengan bahan2 lainnya ...

Dan pada saat itu aku langsung mempraktekannya, saat buka puasa aku hanya mengkonsumsi beberapa potong kukusan labu parang dan segelas teh manis panas, setelah tarawih baru makan nasi...alhamdulillah dalam waktu kurang lebih satu minggu maag ku mereda dan hingga sekarang tidak pernah kambuh lagi, karena setiap hari selalu tersedia di meja makan maka suami dan anak2 juga ikut mengkonsumsinya, dan semua merasakan manfaatnya bahkan tetangga dan family ikut2an mengkonsumsi labu parang ini...pilih labu parang yang sudah tua dan tebal dagingnya karena yang tua lebih masir dan lebih manis rasanya

Rasa penasaran membuat ingin tau ada kandungan apa saja yang terkandung dalam labu parang ini, mencoba browsing dan inilah yang ku dapat :

Labu parang kaya akan vitamin A untuk mengoptimalkan ketajaman penglihatan, vit B1 untuk kesehatan jantung, vit B2 untuk kesehatan mata, kulit dan tenggorokan, dan vit C untuk kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan kanker, juga melindungi arteri.

Kandungan kimia yang terdapat dalam labu parang antara lain, cucurbutin berfungsi membunuh cacing dalam usus, sterol berfungsi sebagai anti radang, selenimun dan mineral berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah pembentukan radikal bebas, anti kanker dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Kandungan lemak tak jenuh dalam labu parang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterrol darah dan mengurangi pembentukan gumpalan darah. Sedangkan kandungan protein membantu untuk membangun jaringan, mengoptimalkan pertumbuhan, membentuk antibodi dan mengontrol produksi enzim.

Adapun kegunaan labu parang dalam 100 gram BDD yaitu untuk menyembuhkan buang air besar yang terasa sakit dan panas, gangguan ginjal dan radang ginjal, gangguan hati(liver), kencing manis, memperlancar peredaran darah, mencegah kanker, menetralkan racun, menguatkan limpa, mengatasi panas pada anak, meningkatkan produksi ASI, dan meningkatkan stamina.

Tentu semua orang kenal dengan timun...dari kecil aku selalu disiapin timun rebus apalagi saat puasa, di pekalongan timun rebus disebut juga dengan "PEDOYO", sewaktu kecil hingga sekarang aku selalu mengkonsumsi timun rebus, bahkan suami dan anak2 juga suka banget...segeeer rasanya!! karena mengandung banyak air...saat kecil aku tidak tau manfaatnya, dan ternyata setelah mencari tau khasiat dan kandugan dari timun rebus hampir sama dengan labu parang.

Selain timun juga mengandung vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Kandungan ini berfungsi mengencangkan kulit. Karena itu banyak kosmetik atau masker wajah menggunakan mentimun. Jika kita mengalami pembengkakan di sekitar mata, kandungan asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun dapat menguranginya.

Mengkonsumsi mentimun juga dapat menyembuhkan masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak. Kandungan serat dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan. Dan timun mengandung enzim erepsin yang membantu pencernaan protein. Maka mengkonsumsi timun di waktu sahur juga dapat melancarkan proses pencernaan.
 
Ternyata banyak manfaat dan khasiat dari labu parang an mentimun rebus, yang harus diperhatikan agar khasiat labu parang dan timun ini maksimal ialah harus rajin dan rutin mengkonsumsinya cukup dengan dikukus saja tanpa dicampur dengan bahan2 yang lainnya ...

SILAKAN MENCOBA...!!

Sumber ; internet

"EdP" 613

Tidak ada komentar:

Posting Komentar